Home » » Pengertian Sistem Operasi Linux

Pengertian Sistem Operasi Linux

Pengertian Sistem Operasi Linux - Saya yakin, Anda yang telah lama terjun di dunia IT pasti tidak asing dengan kata “Linux”. Linux ialah sistem operasi berbasis UNIX. Mengapa berbasis UNIX? Dikatakan demikian dikarenakan Linux dikembangkan berdasarkan standar yang dimiliki oleh UNIX, dengan kata lain Linux ini yaitu turunan dari UNIX. Linus Trovalds merupakan pembuat atau dapat dibilang sosok dibalik sistem operasi ini. Nama Linux diambil sendiri diambil dari nama Ia, yang diperkenalkan kira kira th 1991.

Pengertian sistem operasi linx dan kelebihannya


Pengertian Sistem Operasi Linux
Linux adalah sistem operasi yang bersifat multi user dan multi tasking. Artinya lebih dari satu user dapat masuk ke Linux yang sama terhadap ketika yang sama dan aplikasi yang tidak sama. Linux pula multi-tasking, artinya user dapat mengeksekusi lebih dari satu proses (program) terhadap saat yang sama.


Linux memakai satu buah license yang bernama GNU General Public License (GNU/GPL). Apa itu GNU GPL? Singkatnya GNU General Public License mengizinkan suatu aplikasi( termasuk sistem operasi ) bersama kiat bebas digunakan dan disebarluaskan di mana pengguna/penerima software mempunyai hak menerima kode asal ( source code) dari aplikasi tersebut beserta seluruh hak yang diijinkan oleh penulis original.

License dari aplikasi yang mengalami perubahan/baru masih tetap berada terhadap GNU GPL. Sang penulis ori hanyalah bertanggung jawab atas kode asli dan tidak bertanggung jawab atas perubahan yang telah dibuat. Penyebarluasan aplikasi yang telah dirubah tetap mencantumkan penulis original, kode ori, kode perubahan yang ditambahkan dan penanggungjawab perubahan tersebut.

Dengan adanya license GNU GPL ini, bukan berarti tidak mengijinkan adanya komersial, paling tidak budget dapat ditarik dari budget kopi sarana distribusi. Jasa layanan seperti dukungan teknis sanggup merupakan produk komersial.

0 komentar:

Posting Komentar