Home » » Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Pengertian jaringan komputer dan manfaatnya - jaringan komputer ialah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu bersama yg lain memanfaatkan protokol komunikasi melalui media komunikasi bersama adanya jaringan computer sehingga komputer-komputer yg ada dapat dapat saling sharing kabar, program – program, penggunaan dengan perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya. selain itu jaringan pc bakal diartikan sebagai kumpulan sebanyak terminal komunikasi yang berada diberbagai ruang yang terdiri dari lebih satu pc yang saling berhubungan.

  
Pengertian jaringan komputer dan manfaat jaringan komputer


Manfaat jaringan komputer

1. Berbagi resources
Sharing resources bertujuan biar seluruh acara, peralatan atau peripheral yg lain dapat difungsikan oleh setiap orang yang ada terhadap jaringan pc tak dgn terpengaruh oleh ruang maupun pengaruh dari pemakai.

2. Fasilitas Komunikasi
Jaringan pc mengijinkan terjadinya komunikasi antar konsumen, baik utk teleconference maupun utk mengirim pesan atau kabar yang mutlak yg lain.

3. Integrasi Data
Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan kepada computer pusat, lantaran setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu pc saja, melainkan akan didistribusikan ke ruang lainnya. Oleh sebab inilah maka sanggup terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai utk meraih dan mengolah kabar setiap disaat.

4. Pengembangan dan Pemeliharaan
Pengembangan peralatan akan dilakukan bersama gampang dan menghemat biaya, sebab setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer jumlahnya pc yang ada tapi pass satu buah saja & dipakai oleh seluruhnya pc user . Tidak Hanya itu jaringan computer memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan yg lain, misalnya utk memberikan perlindungan kepada serangan virus maka pemakai lumayan memusatkan perhatian terhadap harddisk yang ada kepada pc pusat.

5. Keamanan Data
System Jaringan Pc akan memberikan perlindungan terhadap data. Dikarenakan pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, diluar itu teknik perlindungan kepada harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.

6. Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi terbaru
Bersama pemakaian sumber daya dgn trick dengan – sama, mampu mendapati hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Tak Cuma itu data atau info yang diakses selalu paling baru, dikarenakan setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.
Satu buah jaringan computer dibangun menggunakan suatu topologi jaringan, baca pun pengertian topologi jaringan . Tidak semua topologi jaringan pas utk dipakai dalam sebuah jaringan komputer. Perihal itu dipengaruhi dari sumber daya yang akan diperlukan untuk membangun jaringan. Oleh sebab itu satu orang administrator jaringan harus cermat dalam pilih topologi yang sesuai untuk jaringan yang sanggup di buatnya. Dalam posting kali ini saya mengulas beberapa tipe jaringan computer – topologi jaringan yang umum di gunakan beserta kelebihan dan kekurangan masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar