Home » » Macam-macam Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya

Macam-macam Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya

Macam-macam perangkat jaringan komputer – jaringan komputer adalah gabungan dari sekian banyak perangkat komputer yang dirancang utk berbai suber data , berkomunikasi dan akses info dari beragam computer.

kegunaan jaringan komputer tak lain yaitu buat meminta dan memberikan layanan (service), pihak yang meminta / menerima layanan disebut client dan yg memberikan / mengirim layanan disebut pelayan (server). desain ini disebut dengan system client-server , & digunakan dalam seluruhnya jaringan pc.
Manfaat Jaringan Komputer
1. Berbagi sumber daya / pertukaran data
2. Membantu berkomunikasi / berinteraksi
3. Menopang mengakses informasi
4. Memberikan akses informasi bersama langsung dan up -to – date

Macam-macam perangkat jaringan komputer

Macam-macam perangkat keras jaringan komputer

1.REPEATER
Repeater yaitu perangkat keras jaringan komputer yg bermanfaat buat memperkuat sinyal dalam satu buah jaringan komputer.
kegunaan repeater dengan cara garis akbar yaitu mengulangi kembali pancaran dengan maksud memperkuat kembali pancaran yang di terima sehingga lebih kuat dan mampu mencapai jarak yang makin jauh atau memperluas jangkauan

2. KABEL JARINGAN ( UTP )

Pengertian kabel jaringan ( UTP ) merupakan kabel yang menghubungkan antara sebuah pc dengan komputer lainnya , dari server ke switch / hub dan lain – lain
kabel jaringan sbg perantara antara user dengan user lain dalam satu tempat lokal
(di kantor , warnet , & lain – lain )

3. NIC / Card LAN
NIC ( NETWORK INTERFACE Kartu ) atau card jaringan adalah salah satu perangkat yg disediakan juga sebagai fasilitas untuk menghubungkan antar satu computer bersama komputer yg yang lain, rata rata kartu jaringan berjenis kartu internal , ialah card jaringan yang dipasang dalam slot ekspansi di dalam pc
Fungsi NIC adalah piranti yg menyambungkan kabel jaringan dengan pc.

4. SWICH
Switch yakni salah satu perangkat keras komputer yg menghubungkan pc hingga menempa segmen jaringan , switch bekerja kepada lapisan data link
adapun trik kerja switch tidak jauh berlainan seperti bridge , tetapi switch memiliki jumlah port yg tidak sedikit sehingga dgn begitu switch ini disebut bersama multi-port bridge.

5.HUb – Hub yaitu perangkat jaringan pc yang terdiri dari tidak sedikit port untuk menghubungkan Node atau titik sehingga menempa jaringan yang saling mengakses dalam topologi. Jika jumlah port yang tersedia tidak cukup untuk menghubungkan semua komputer yang akan dihubungkan ke dalam satu jaringan akan difungsikan beberapa hub yang dihubungkan bersama kiat up-link.
Port yang tersedia kebanyakan sampai 8, 16, 24 atau lebih banyak sesuai kebutuhan Kamu.

6. KONEKTOR
Untuk menghubungkan kabel UTP kamu butuh konektor RJ-45 atau sejenis jack yang wujudnya nyaris sama dengan jack kabel telephone tetapi memiliki lebih bnayak lubang kabel. Konektor tersebut dipasang di kedua ujung kabel bersama peralatan Tang khusus UTP.

7. MODEM
Perangkat jaringan komputer yg ke tujuh yaitu modem adalah salah satu type bridge, merupakan piranti yg bekerja menghubungkan pc ke internet & piranti modem yakni perangkat jaringan pc yang difungsikan untuk koneksi Wide Ruang Network (WAN). baca pula Pengertian Lembaga Administrasi Negara MAN & WAN

8.ROUTER
Router yaitu piranti jaringan komputer yang menghubungkan host kepada jaringan yang berlainan . Fungsi utamanya ialah IP Forwarding, adalah proses meneruskan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang menjadi tujuan paket data.
Macam – Macam Router :
1. Router aplikasi
2. Router Hardware
3. Router Komputer

1. Router penerapan : router jenis ini yaitu satu buah aplikasi yang bakal anda instal pada sistem operasi komputer, sehingga sistem operasi komputer tersebut dapat bekerja seperti router, misalnya aplikasi WinGate, , WinProxy Winroute, SpyGate dll.

2. Router Hardware : merupakan satu buah hardware yang memiliki kemampuan seperti router, maka dengan hardware tersebut anda dapat membagi IP Address, Router hardware sanggup dipakai utk membagi jaringan internet terhadap satu buah wilayah, misalnya dari router ini adalah access point, wilayah yang mendapat Ip Address dan koneksi internet disebut Hot Spot Area.

3. Router pc : yakni sebuah komputer yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat difungsikan sebagai router. Buat membuat sebuah router Computer tidak harus memakai komputer dengan uraian yang tinggi. Pc dgn prosesor pentium dua, hard drive 10 GB dan ram 64 serta telah tersedia kartu LAN sudah sanggup digunakan yang merupakan router computer. Pc yang dijadikan router ini harus diinstal dengan sistem operasi khusus untuk router. System operasi yang populer untuk router Computer saat ini adalah Mikrotik

1 komentar:

  1. postingnya sangat bermanfaat gan, jangan lupa kunjungan di
    Perangkat Jaringan Komputer dan
    Fungsinya portofolio arga yudha adhiprama, terimakasih

    BalasHapus