Home » » Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Fungsinya

Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Fungsinya

Pengertian sistem operasi komputer dan fungsinya - Sistem operasi pc merupakan perangkat lunak komputer atau software yang bertugas utk jalankan kontrol dan manajemen perangkat keras dan pun operasi-operasi dasar sistem, termasuk juga serta menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang akan dimanfaatkan buat menolong kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS mempunyai beberapa Fungsi sistem operasi antara lain :
  • Mengelola sumber daya terkait dgmn pengendalian piranti lunak sistem/perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan. juga yang merupakan contoh komponen perangkat keras pd pc merupakan CPU, memori utama, sarana input/output.
  • Mempersiapkan agar program aplikasi dapat berinteraksi dengan perangkat keras dgn kiat konsisten dan stabil tanpa harus mengetahui secara rincian perangkat keras.
  • Dapat melaksanakan proses mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses acara yang sedang dijalankan. & menjalankan pengelolaan data pengendalian kepada data masukan/keluaran.

Pengertian Sistem operasi komputer dan fungsinya
Sistem operasi komputer ialah software yg berada dalam lapisan pertama yang diletakkan dalam memori pc, (memori pc dalam factor ini yakni Hardisk ,baca juga trick memilih hardisk yg bagus buat komputer) terhadap dikala computer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah System operasi computer terjadi, dan Sistem Operasi dapat menjalankan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak butuh lagi menjalankan inti umum tersebut, sebab telah dilayanai oleh system operasi. bidang kode yang jalankan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel sebuah Sistem Operasi.

Fungsi sistem operasi – system operasi pula juga sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. tidak cuma itu, Sistem Operasi komputer pun bakal jalankan seluruhnya perintah perintah mutlak dalam computer, & menjamin aplikasi-aplikasi yang tidak serupa. System operasi computer menjamin penerapan piranti lunak yg lain sanggup memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses pada sistem file.

jenis-jenis sistem operasi

Sistem operasi personal computer terbagi menjadi 3 kelompok seperti di bawah ini.

Keluarga Microsoft, antara lain terdiri atas Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x),Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista yang dirilis pada tahun 2007)).
Keluarga Unix, memakai antarmuka sistem operasi POSIX, antara lain SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dgn nama Darwin) dan GNU/Hurd.
Keluarga Mac OS yaitu sistem operasi komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terkini ialah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal th 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).
Keluarga pc Mainframe, dan No. Wahid computer memakai sistem operasi yang berbeda-beda, rata rata adalah turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar